Beberapa Ciri - Ciri Perilaku Manusia Yang Membedakannya Dari Hewan

          Dalam hal ini memang biasanya ada sedikit kesamaan ciri tapi ada beberapa hal yang membuat berbeda adalah manusia memiliki beberapa sifat yang lebih dari pada hewan. berikut beberapa ciri - ciri perilaku manusia yang membedakannya dari hewan.

Ciri - ciri perilaku yang pertama adalah :

  • Manusia Memiliki Kepekaan Sosial
          Manusia bukan hanya merupakan makhluk sosial, dalam arti manusia adalah makhluk yang saling berketergantungan dan saling membutuhkan kerja sama dengan manusia yang lainnya. Hal ini mirip dengan beberapa jenis hewan tertentu, seperti semut. Namun tidak hanya itu, manusia memiliki kepekaan sosial ( kepekaan untuk menyesuaikan sesuatu perilaku dengan harapan ataupun pandangan manusia yang lainnya ). Sebagai contoh : sikap orang yang selalu berbeda jika sedang menghadapi orang yang sedang marah, sedih, maupun gembira. Dan seseorang yang tidak mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan kondisi di sekelilingnya maka berarti orang itu tidak memiliki kepekaan sosial.

  • Kelangsungan Perilaku
          Perilaku atau perbuatan manusia tidak akan terjadi secara sporadis ( timbul dan hilang begitu saja ), namun selalu berkelangsungan antara perbuatan sebelumnya dengan perbuatan selanjutnya. Misalnya, seekor ular akan makan jika dia sedang lapar, dan setelah kenyang dia akan tidur sampai dia lapar lagi maka dia akan bangun dan mencari mangsa untuk makan kembali dan begitu seterusnya, sedangkan manusia sejak kecil ia akan sekolah, dan terus sekolah sampai bertahun - tahun lalu sampai ia menjadi seorang sarjana dan kemudian bekerja lalu berpenghasilan dan berkeluarga sampai mempunyai keturunan dan seterusnya. Dengan kata lain perilaku manusia tidak pernah terhenti disuatu saat. Karena perbuatan yang dilakukan manusia di masa lalu adalah persiapan untuk masa depannya.

  • Memiliki Orientasi Pada Tugas
          Semua perilaku manusia selalu mengarah pada suatu tugas tertentu, hal ini nampak jelas ketika mereka sedang belajar atau bekerja meskipun terkadang juga tampak pada suatu hal yang seolah - olah tidak memiliki suatu tujuan yang jelas.

  • Sifat Usaha Dan Perjuangan
          Sifat yang ini juga sering dijupai pada makhluk selain manusia, misalnya pada kucing yang selalu mengendap - endap saat kucing itu mengintai seekor kucing yang akan menjadi mangsanya. Usaha dan perjuangan juga melekat pada diri manusia namun dengan cara yang berbeda. Hal ini karena apa yang diperjuangkan adalah satu hal yang ditentukan dan sudah menjadi pilihnya sendiri, dan manusia tidak akan memperjuangkan apa yang memang tidak diinginkannya.

          Memang terkadang ada juga seseorang yang memperjuangkan hal yang telah dipaksakan oleh orang lain tetapi sesungguhnya itu dilakukan untuk dirinya sendiri juga. Intinya dalam hal ini manusia mempunyai aspirasi yang diperjuangkannya, sedangkan hewan hanya memperjuangkan apa yang sudah diberi oleh alam. Seperti " Harga Diri " adalah sesuatu yang akan diperjuangkan manusia yang tidak terdapat pada hewan.

  • Setiap Individu Manusia Adalah Unik
          Unik adalah berbeda dari yang lain. Jadi sebenarnya manusia itu mempunyai ciri - ciri dan sifat - sifat tersendiri yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya, meskipun mereka terlahir sebagai saudara kembar. hal itu juga yang membedakan manusia dari hewan.

Berikut pembahasan kami mengenai beberapa ciri - ciri perilaku manusia yang membedakannya dari hewan jika ada tambahan silahkan komentar di kotak komentar yang sudah kami sediakan.

Baca Juga :

Definisi Manusia

Beberapa Metode Dalam Psikologi

2 komentar:

  1. makasih informasinya
    http://http%3A%2F%2Fhttp%253A%252F%252Fblog.binadarma.ac.id%252Fariezaki%252F.wordpress.com.wordpress.com

    BalasHapus