Bagaimana Cara Menghadapi Kenakalan Remaja

         Untuk mengawali artikel kami, kami akan membahas mengenai penyebab kenakalan remaja dan bagaimana cara menghadapinya. Saat ini tingkah para remaja kita semakin memperihatinkan, kenakalan remaja selama ini terjadi mempunyai banyak faktor penyebab termasuk peran penting orang tua mereka sendiri, semakin hari ada saja ulah nakal yang mereka lakukan, seperti tawuran, konsumsi minuman keras, narkoba, bahkan free sex.

Hal itu di dasari oleh banyak motif dan faktor, seperti :


  1. Kurangnya peran orang tua dalam keseharian si anak.
  2. Mudahnya si anak untuk terpengaruh dengan pergaulan.
  3. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, tanpa pengetahuan yang cukup teknologi bisa menjadi faktor kenakalan remaja.
  4. Kurang-nya bimbingan kepribadian dari sekolah.
  5. Lemahnya pengetahuan tentang Agama.
  6. Tidak adanya motifasi terhadap hoby anak, bahkan kebanyakan orang tua terlalu cepat menganggap hoby mereka itu buruk.
  7. Masalah yang dipendam, sehingga anak menjadi stres ringan yang mengakibatkan mereka mengarah ke hal-hal negatif yang di anggap bisa mengurangi beban mereka.
  8. Pertengkaran orang tua di depan si anak.

          Beberapa hal diatas adalah faktor penyebab kenakalan pada remaja, berikut adalah beberapa informasi yang mungkin bisa di gunaklan untuk mencegah kenakalan para remaja :


  • Perlunya bimbingan dari orang tua dalam hal apapun.
  • Terus pantau apa yang dilakukan anak dengan teman sepergaulan-nya,dengan catatan jangan sampai pengawasan anda menjadikan mereka merasa terkekang.
  • Beri mereka pengertian dalam hal pentingnya dalam membagi waktu bermain,belajar,menonton tv.
  • Beri mereka pengertian sejak dini mengenai hal buruk apa saja yang bisa membuat masa depan mereka hancur.
  • Tananmkan pada mereka nilai-nilai Agama sejak dini.
  • Dukung dan asah kemampuan si anak pada hoby yang mereka sukai, dan jangan selalu menganggap hoby mereka itu buruk, bila perlu fasilitasi mereka, sebelum mereka lari pada minuman beralkohol dan narkoba.
  • Posisikan diri anda bukan hanya sebagai orang tua yang harus di hormati tapi juga sebagai teman terdekat mereka.
Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini. Jika ada yang mau menambahkan silakan tulis di komentar dan kita bisa saling bertukar pikiran bersama.

Baca juga :


1 komentar:

  1. Saya punya anak kl minta sesuatu harus cepat dipenuhi keinginannya kl tdk dia suka berkata kasar dan merusak barang tdk peduli barang itu mahal atau murah. Utk itu minta solusinya

    BalasHapus