Tanda Anda Terkena Depresi Dan Faktor Utama Penyebab Depresi

tanda anda terkena depresi dan faktor utama penyebab depresi
DEPRESI???
          Ya depresi adalah perasaan yang di alami seseorang pada suatu masa di kehidupan mereka. Berikut tanda seseorang yang terkena depresi dan faktor penyebab depresi itu sendiri. Depresi akan bedampak sangat negatif terhadap kejiwaan anda. maka jika anda merasa atau mendapati diri anda pada beberapa tanda dan penyebab depresi di bawah ini segera konsultasikan kepada psikolog anda, jika anda tidak mempunyai uang lebih untuk membayar jasa seorang psikolog, anda bisa berkonsultasi di blog ini jasa konsultasionline.blogspot.com


          Kesedihan, kekhawatiran, frustasi akan sebuah hal adalah perasaan yang umum dirasakan oleh semua orang, apalagi ketika kita mengalami hal berpa kekecewaan, perpisahan, kesedihan, dan atau kehilangan seseorang yang kita sayangi dalam hidup kita. Perasaa tersebut sudah merupakan hal yang wajar bagi setiap orang yang mengalaminya. Namun tahukah anda bila perasaan - perasaan tersebut bisa menjadi hal yang menguntungkan buat kita, jika kita bisa selalu berfikir positif dalam menyikapi semua hal. Perasaan - perasaan tersebut memberikan informasi kepada kita akan kelemahan dan kekurangan kita, dan jika anda sadari perasaan - perasaan itulah yang bisa anda gunakan untuk menangani depresi dan menjadikan anda kuat dan siap untuk menjalani kehidupan di masa depan karena anda sudah bisa mengeri apa yang membuat anda merasakan hal-hal yang negatif di masa itu, dan anda tidak perlu mengulanginya lagi.

          Ketika perasaan seperti di atas terus menerus muncul dan mengganggu setiap kegiatan kita, maka kemungkinan anda mulai mengalami depresi, Maka anda harus segera menemukan bagaimana cara untuk membebaskan anda dari depresi tersebut. Kenapa saya bisa berkata demikian??? Karena karakteristik dari depresi adalah perasaan negatif atau yang menggaggu setiap kegiatan keseharian anda dan perasaan itu berlangsung dalam waktu yang lama.

Apa Saja Tanda - Tanda Utama Depresi Pada Kehidupan Kita?
  • Duka berkepanjangan.
  • Stamina lemah dan selalu merasa letih.
  • Perubahan pada bertambah atau berkurangnya nafsu makan.
  • Cenderung susah tidur karena perasaan tidak menentu.
  • Bimbang, cepat marah, dan stress.
  • Hilangnya hasrat seksual.
  • Hilangnya hasrat untuk memikirkan masa depan.


Lalu Apa Saja Penyebab Utama Dari Depresi?

  • Kurangnya Berfikir Positif
           Hal ini yang menjadi kenapa anda harus selalu berfikir positif di setiap langkah kehidupan anda. Karena ketika seseorang mengalami depresi, mereka akan merasa bahwa akan ada hal - hal buruk yang akan terjadi, dan hal ini akan terjadi berulang kali. Dalam hal ini seseorang yang depresi akan melihat hal buruk terhadap sesuatu yang dijumpainya secara sadar maupun tidak sadar. Mereka akan memfokuskan perhatian mereka kepada sebuah masalah yang sebenarnya masih lebih berharga di banding pencapaian keberhasilan yang sudah mereka raih. Bagi seseorang yang selalu berfikir negatif dan cenderung ke depresi, semua perubahan yang ada di sekitar diri mereka yang seharusnya merupakan perubahan yang wajar, dalam pemikiran mereka itu adalah bukti bahwa semua perubahan yang bersifat negatif penyebabnya adalah mereka ( selalu merasa bersalah ).

  • Kurangnya Rasa Percaya Diri
           Seorang yang depresi selalu merasa tidak percaya diri, bahkan mereka selalu menganggap semua hal yang terjadi menjadi buah hasil kesalahan mereka. Dan mereka akan menganggap kesalahan sekecil apapun menjadi kesalahan yang sangat besar.

  • Terfokus Kepada Sebuah Kesalahan
           Perlu anda ingat, dalam setiap kehidupan seseorang pasti ada yang namanya kesalahan, bahkan beberapa orang membuat lebih banyak kesalahan dari pada anda. Orang yang mengalami depresi akan terfokus bahwa setiap jengkal kehidupan mereka adalah berupa kesalahan - kesalahan yang mereka perbuat, tanpa mengingat bahwa mereka juga pernah membuat sebuah keberhasilan yang mengesankan. Dan parahnya mereka menciptakan kesan negatif pada diri mereka.

  • Merasa Tertekan Dengan Berbagai Kewajiban Yang Harus Mereka Lekukan
           Disinilah perlunya kita belajar iklhas. Karena dalam hal ini seorang yang depresi selalu berfikir mengenai apa yang harus mereka lakukan dan apa yang seharusnya tidak mereka lajukan. Alhasil, mereka akan terbebani oleh beberapa komitmen yang mereka buat sendiri. Dan mereka akan memfokuskan pikiran mereka pada kepahitan dan lelahnya menjalani kehidupan+ dan hal ini akan berpengaruh terhadap perubahan sikap orang-orang disekitar terhadap mereka sendiri, tentunya perubahan sikap yang merugikan.

  • Merasa Lemah
           Permasalahan bagi orang yang mengalami depresi adalah mereka merasa tidak ada satu hal pun yang bisa memuaskan mereka. Bahkan ketika mereka menyadari mereka bisa memperbaiki mood mereka, mereka tidak melakukannya. Nasihat yang mereka peroleh dari teman-teman dan keluarga dianggap tidak perlu dan taj berguna. Satu hal yang paling mereka rasakan adalah ketidakmampuan mereka untuk berharap, atau terinspirasi oleh sesuatu dan memperhatikannya. Mereka menyadari bahwa banyak orang yang membutuhkan mereka, tapi mereka akan selalu merasa tidak mampu. Karena depresi akan membuat mereka kehilangan kebahagiaan dan rasa optimisme.

Lalu Bagaimana Kita Mengatasi Depresi???

           Kita bisa mengatasi depresi dengan bantuan seorang spesialis dibidang ini ( Psikolog ). Nasihat yang diberikan seorang Psikolog bisa sangat bermanfaat dan membantu. Mereka akan membantu memperbaiki mekanisme biologis dan pola berfikir seseorang yang membuat mereka depresi. Karena dengan merubah pola berfikir menjadi lebih positif anda bisa membuat perlindungan diri anda dari depresi dalam jangka waktu yang penjang.

Bisakah Kita Mengatasi Depresi Dengan Diri Sendiri ( Tanpa Bantuan Psikolog )

           Bisa!!! Anda bisa mengatasi depresi tanpa bantuan dari Psikolog dengan cara sebagai berikut :

  • Menerima Diri Anda Dengan Segala Kelemahan Anda Sendiri 
           Ya, anda harus menjadi pribadi yang ikhlas dengan segala kekurangan yang ada pada diri anda, jika anda tidak mampu melakukan sesuatu dengan sendiri dan usaha anda selalu gagal, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah menerima kenyataan bahwa anda tidak bisa melakukan hal tersebut sendirian. Dari pada anda terus memaksakan diri anda yang sudah pasti akan membawa anda ke jurang depresi lebih baik anda mengakuinya dan minta bantuan kepada orang lain atau lebih memfokuskan perhatian anda terhadap hal-hal yang lampu anda lakukan.

  • Kenali Pikiran - Pikiran Serta Perasaan Negatif Anda
           Agar anda bisa mengatasi dan mengendalikan pikiran negatif anda yang bisa membuat anda terperangkap dalam jurang depresi, sangatlah penting bagi anda untuk mengenali alasan-alasan tersebut. Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikiran-pikiran negatif anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu luangkan waktu setidaknya 20 menit sehari untuk mengenali, mengelompokan, dan mempelajari pikiran-pikiran negatif tersebut. Dengan catatan Pemeriksaan anda terhadap pikiran-pikiran negatif tersebut membuat anda bisa mengetahui dan mencegah pikiran-pikiran tersebut untuk membuat anda masuk ke jurang depresi.
  • Mengatasi Depresi Dengan Pengobatan
           Meskipun anda memiliki alasan yang tepat untuk menghindari penggunaan obat yang berlebih, anda masih bisa mengatasi depresi dengan menggunakan obat anti depresi. Obat anti depresi mempengaruhi otak dan sel-sel syaraf,secara spesifik obat ini mengubah reaksi kimia (neurotransmitter ) yang di gunakan sel syaraf untuk berkomunikasi satu sama lain.

          Obat anti depresi merupakan obat yang aman untuk digunakan. Obat semacam ini tidak menimbulkan efek ketergantungan, tidak menimbulkan efek samping yang berahaya dan bisa membantu anda mengatasi depresi. Tentunya obat ini tidak bisa mengatasi masalah anda, tapi bisa membantu anda untuk membiarkan diri anda sedikit lebih tenang. Perhatian : Penggunaan obat ini tetap harus dilakukan setelah anda konsultasi dan dengan resep dokter.


  • Dan Cara Terbaik Mengatasi Depresi Adalah Dengan Bantuan Psikoterapi
           Depresi merupakan indikasi bahwa anda memiliki masalah yang harus anda temukan solusinya. Depresi bukan sekedar penyakit melainkan sinyal dari otak dan harus segera anda sembuhkan. Mengatasi depresi harus anda lakukan sebagai sarana untuk mengembangkan diri anda dan mengubah hidup otak dan pola pikir anda.

           Ahli psikologi bisa membantu anda untuk memahami alasan-alasan psikologis yang menyebabkan anda terkena depresi, dan menawarkan dukungan untuk melalui proses yang sulit tersebut.


  • Psikoterapi Dapat Membantu Anda Mengatasi Depresi Melalui
  1. Melakukan proses penyelidikan pemicu depresi dalam pikiran dan sikap anda secara lebih mendalam.
  2. Membantu anda mengenali masalah yang menyebabkan depresi mana yang bisa anda selesaikan dan masalah mana yang harus anda jalani bersamaan dengan hidup anda.
  3. Membantu anda memperbaiki jubungan dan menemukan kembali kebahagiaan anda yang hilang karena depresi.
  4. Membantu anda mengekspresikan perasaan anda sehingga rasa percaya diri dan herga diri anda kembali meningkat.
  5. Membantu anda menetapkan tujuan hidup anda agar hidup anda menjadi lebih baik.

           Demikian penjelasan dari kami, dan pesan dari kami. Semakin sehat dan kuat rasa percaya diri anda, maka akan semakin mudah pula anda dalam mengatasi depresi yang kemungkinan terjadi pada diri anda. Namun yang terpenting adalah pengembangan diri anda dalam memonitor dan mengendalikan diri anda sendiri untuk mengubah pola pikir anda dalam mengatasi depresi dengan pemikiran yang lebih positif.

Baca juga :

0 comments:

Posting Komentar