Persamaan Dan Perbedaan Psikologi Dengan Psikiatri

          Selamat malam para pembaca, kali ini kami akan memberi sedikit pengertian mengenai persamaan dan perbedaan psikologi dengan psikiatri, dalam hal ini banyak orang yang salah paham atau mencampuradukkan psikologi dengan psikiatri. Objek studi dari keduanya memang "jiwa" manusia, tetapi psikiatri adalah cabang ( spesialisasi ) ilmu kedokteran yang busang utamanya adalah penyakit-penyakit, dalam hal ini adalah penyakit.  Lebih jelasnya tugas psikiatri sebagai seorang dokter adalah mengobati orang-orang yang sakit atau mengalami gangguan jiwa, termasuk psikosis dan penyalah gunaan narkoba. Pendidikan psikiatri untuk menjadi psikiaterpun adalah pendidikan kedokteran, mulai dari dari fakultas kedokteran lalu mengambil spesialis kedokteran jiwa.

          Dilain pihak, psikologi mempelajari perilaku pada umumnya, jadi tidak hanya mengatasi penyakit-penyakit. Psikolog banyak berhubungan dengan orang normal dari pada orang sakit. Meskipun demikian memang sering terjadi simpang tindih ( over lapping ) karena psikiatri akhir-akhir ini tidak berorientasi pada medis saja, tetapi juga sudah memperhatikan faktor-faktor sosial, kebudayaan,dll. Begitu pula dalam  psikologi-pun dikenal bidang psikologi klinis atau psikologi abnormal yang menangani masalah-masalah yang timbul akibat gangguan - gangguan kejiwaan. 

          Teknik yang digunakan oleh psikolog adalah observasi dan berbagai bentuk wawancara mulai dari konsultasi, konseling, sampai psikoterapi. Jika digambarkan hubungan antara psikologi dengan psikiatri adalah seperti berikut : 




          Berikut penjelasan kami mengenai persamaan dan perbedaan psikologi dengan psikiatri. Jika ada yang mau menambahkan silakan.

Baca juga : 

1 komentar: